23 September 2024

Peluncuran Program Dukungan Nutrisi untuk Pasien TBC di Samarinda dan sekitarnya: Kolaborasi Bayan Peduli dan doctorSHARE

Share
[Samarinda, Kalimantan Timur, 23 September 2024] – PT Bayan Resources Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Bayan Peduli, bersama Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE), hari ini meluncurkan Program Dukungan Nutrisi untuk Pasien Tuberkulosis (TBC) di Samarinda. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesuksesan pengobatan pasien TBC melalui intervensi nutrisi, khususnya protein, kepada pasien TBC sensitif obat di Kawasan Kalimantan Timur.

Saat ini Indonesia menempati peringkat kedua di dunia sebagai penyumbang penderita TBC terbanyak, dengan estimasi insiden sebesar 1.060.000 kasus dan mortalitas sebesar 134.000 kasus (Kemenkes, 2023). Di Kalimantan Timur, kasus TBC masih menjadi tantangan besar, dengan angka deteksi kasus dan cakupan pengobatan yang memerlukan perhatian serius. Daerah-daerah yang berisiko tinggi terhadap penyebaran TBC, berada di wilayah dengan penduduk padat, seperti Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara.

Sejalan dengan program pemerintah untuk mendukung pengobatan pasien TBC sensitif obat, program ini bertujuan untuk memberikan dukungan nutrisi berupa makanan tambahan kepada pasien TBC di Kota Samarinda dan sekitarnya. Selain itu, program ini juga akan melibatkan edukasi dan promosi kesehatan terkait pentingnya asupan gizi yang cukup dalam mendukung efektivitas pengobatan TBC.

Acara peluncuran program diadakan hari ini di Samarinda, yang dihadiri oleh tenaga kesehatan, perwakilan pemerintah daerah, perwakilan penerima manfaat, dan stakeholder terkait serta doctorSHARE. Dalam acara tersebut, disampaikan sosialisasi mengenai pentingnya dukungan nutrisi dalam pengobatan TBC. Tutuk Utomo Nuradhy, Ketua Pelaksana Harian Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE), menyampaikan, “Program ini adalah langkah strategis dalam upaya bersama memerangi TBC di Kalimantan Timur. Dengan memberikan dukungan nutrisi yang tepat, kami tidak hanya mendukung pengobatan, tetapi juga memperbaiki kualitas hidup pasien TBC.”

Total target penerima manfaat untuk Program Dukungan Nutrisi di wilayah Kalimantan Timur adalah sebanyak 500 orang dengan melibatkan Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan dan beberapa fasilitas kesehatan setempat. Dengan implementasi program ini, diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesuksesan pengobatan pasien TBC di wilayah Kalimantan Timur, serta menurunkan angka kejadian dan mortalitas akibat TBC di wilayah tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

Tentang Bayan Peduli

Program CSR (Corporate Social Responsibility)yang digagas pada April 2022 oleh Direktur Utama Bayan Resources Group memiliki slogan “ BERSAMA MEMBANGUN BANGSA”. Bayan Peduli terdiri dari 4 (empat) bidang utama yakni; Pendidikan (Education), Kesehatan & Kesejahteraan Masyarakat (Good Health & Well Being), Sosial Ekonomi & Budaya (Socioeconomic & Culture), serta Keberlanjutan Lingkungan (Environment Sustainability/Biodiversity).

Untuk informasi lebih lanjut tentang Bayan Group dan Program CSR – Bayan Peduli, dapat mengunjungi situs web Bayan : https://bayanpeduli.bayan.com.sg/

 

Bayan Peduli – PT Bayan Resources, Tbk

Office 8 Building  37 Floor Unit A-H Jl. Senopati No. 8B,Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12190.  Phone: (021) 29356888

 

Tentang Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE)

Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE) adalah organisasi kemanusiaan nirlaba yang berfokus pada penyediaan layanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan secara holistik, independen, dan imparsial bagi masyarakat yang paling membutuhkan. doctorSHARE memiliki tim medis yang berpengalaman dan berdedikasi yang bekerja di berbagai daerah terpencil di Indonesia. doctorSHARE juga menyediakan berbagai program bantuan kemanusiaan lainnya, seperti program pendidikan, program pemberdayaan ekonomi, dan program bantuan bencana.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE), dapat mengunjungi situs web : https://doctorshare.org/

 

Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE)

Sekertariat doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli), Ruko Maqna R 12 & 15 Apartement Maqna Residence, Jl. Raya Meruya Ilir No 88, Kec. Kembangan, Jakarta 11620.

Phone:  (021) 3971 8111 (info@doctorshare.org)